APRESIASI TAHFIZH JUZ 29 & 30 TAHUN 2023

 

Segala puji bagi Allah yang telah memberikan limpahan karunia dan kemudahan bagi Civitas SD Labschool Cibubur sehingga dapat melaksanakan apresiasi tahfizh juz 29 & 30 tahun 2023. Kegiatan yang dimulai pertama kali pada tahun 2022 ini merupakan implementasi dari bentuk kegiatan kesiswaan di bidang agama (Bersama Membaca Kitab Suci/BERBAKTI) yang bersinergi dengan hidden curriculum yang dikembangkan di SD Labschool Cibubur. Kegiatan ini tidak akan dapat terlaksana tanpa dukungan dari orangtua yang tetap membina dan bekerjasama dalam mencetak generesi Qur’ani.

Rangkaian kegiatan apresiasi tahfizh al-Qur’an juz 29 & 30 tahun 2023 dimulai sejak Maret hingga Mei 2023. Kegiatan ini dimulai dari proses pendataan awal peserta melalui Google Forms sejak 27-31 Maret dan dilanjutkan dengan proses seleksi oleh tim PAIBP pada 3-5 April 2023. Setelah mendapatkan data peserta, maka proses berikutnya melakukan sosialisasi kepada orangtua/wali murid pada 6 April 2023. Proses pembinaan kepada peserta dilakukan secara langsung (tatap muka) di sekolah dan melalui daring/tatap maya di rumah sejak 10 April-16 Mei 2023. Agar peserta apresiasi mendapatkan legitimasi secara utuh maka dilakukan uji publik pada 23 Mei 2023.

Setelah melalui rangkaian proses selama + 3 bulan, maka diperoleh lima siswa peserta apresiasi tahfizh al-Qur’an juz 29 & 30 tahun 2023 yaitu: Aqmar Hanif Abdullah bin Fajar Ardiyanto Margono (5 Supernova); Alkhalifi Daffa Bilfaqih bin Edy Syahbana (5 Cartwheel); Letizia Aqeela Normansyah binti Normansyah Syahruddin (6 Phinisi); Althaf Ivander Zahir bin Eko Setiawan (6 Hyperloop); dan Elvina Risti Beryl Claresta binti Aris Hardiatno (6 Hyperloop).

Foto: Peserta Apresiasi Tahfizh Qur’an 29 & 30 bersama Tim PAIBP dan Aqeelah Elfadh "Juara I Hafizh Cilik RCTI 2021”

Puncak acara apresiasi tahfizh al-Qur’an juz 29 & 30 yang dilaksanakan pada 24 Mei 2023 berjalan haru dan khidmat. Selain dihadiri oleh Pimpinan Badan Pengurus Harian Labschool Cibubur, Penasihat, Konsultan, Pimpinan SD dan Ketua POMG Aksara, kegiatan apresiasi ini turut dihadiri oleh Aqeelah Elfadh yang merupakan Juara 1 Hafizh Indonesia RCTI 2021 dan Abuya Fadli (ayah dari ananda Aqeelah). Dalam pesannya Abuya Fadli menerangkan untuk mencetak hafizh al-Qur’an diperlukan tiga poin yang harus diperhatikan, yaitu: komitmen, manajemen waktu, karakter & kepribadian. Komitmen pada konteks ini merupakan keterpaduan antara orangtua, anak, dan sekolah untuk memiliki kesamaan visi dan misi. Kemudian manajemen waktu merupakan bagaimana anak dapat membagi waktu untuk mengulang (murojaah) al-Qur’an, waktu bersama dengan keluarga, waktu untuk bermain, dan waktu untuk belajar pelajaran sekolah. Selanjutnya mengenai karakter & kepribadian merupakan bagaimana orangtua dapat memahami karakter kepribadian dan kesehatan anak.

Kegiatan apresiasi tahfizh al-Qur’an ini bukanlah akhir dari tujuan. Proses ini masih akan terus berlanjut sesuai dengan tema kegiatan “Membangun Generasi Cinta al-Qur’an”. Selamat kepada para peserta tahfizh al-Qur’an juz 29 & 30 tahun 2023. Semoga hafalan yang telah dicapai dapat dijaga dan diamalkan, menjadi pionir dalam akhlak mulia dan tetap tawadhu.



0 komentar:

Posting Komentar